Beranda CSR CSR Pendidikan Astra Tutup Rangkaian Penyerahan 6.000 Sepatu & 1.000 Tas di Morotai

Astra Tutup Rangkaian Penyerahan 6.000 Sepatu & 1.000 Tas di Morotai

841
0
BERBAGI
Head of Security Division PT Astra International Tbk A. Karim Suwandono (kedua kiri) bersama Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kiri) menyerahkan tas secara simbolis kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara Imran Yakub (kedua kanan) dan Kepala Bidang Pengembangan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara Rugaya Yasin

Sofifi, Maluku Utara, CSRINDONESIA – PT Astra International Tbk menuntaskan rangkaian kegiatan pemberian 6.000 pasang sepatu dan 1.000 tas bagi anak-anak sekolah di wilayah barat hingga timur Indonesia (27/1).

Sebanyak 1.500 pasang sepatu dan 250 tas dibagikan Astra bagi generasi penerus bangsa untuk 16 sekolah di wilayah Kabupaten Morotai, Maluku Utara. Ke-16 sekolah tersebut terdiri dari 13 sekolah dasar dan 3 sekolah menengah pertama.

Bantuan sepatu dan tas tersebut secara simbolis diserahkan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Morotai.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara Imran Yakub, Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, Head of Security Division PT Astra International Tbk A. Karim Suwandono, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morotai Ibrahim Husen dan sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara lainnya.

Imran Yakub mengatakan Astra memiliki kepedulian yang sangat tinggi di bidang pendidikan. “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan ini,” ujarnya.

Pertama Kali & Tepat Sasaran

Pemberian bantuan sepatu dan tas di Morotai merupakan keputusan Astra yang tepat sasaran karena Morotai merupakan kabupaten kepulauan baru di Maluku Utara.

“Astra menjadi perusahaan pertama yang hadir di Morotai. Masyarakat Morotai masih trandisional. Anak sekolah tidak menggunakan seragam, apalagi tas dan sepatu,” tutur Imran.

Menurut dia, kepedulian Astra di Morotai sejalan dengan prioritas pemerintah provinsi Maluku Utara, mengingat pulau ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang membawa pengaruh berbagai ideologi asing.

“Jika tidak diperhatikan, rasa kebangsaan masyarakat Morotai bisa terkikis. Kehadiran Astra yang menyentuh masyarakat Morotai mencerminkan satu Indonesia,” ujarnya.

Ibrahim Husen menambahkan Morotai memiliki 82 sekolah dasar, 24 sekolah menengah pertama dan 11 sekolah menengah atas.

“Dari seluruh anak-anak SD, sekitar 30% hanya memakai alas kaki saat bersekolah,” katanya.

Sepatu dan tas yang disumbangkan oleh Astra berasal dari konversi ucapan terima kasih kepada guru yang disampaikan melalui media sosial pada periode Mei-Juli 2015 disertai tanda pagar (tagar) #generAKSICERDASIndonesia.

Kegiatan #generAKSICERDASIndonesia yang digagas Astra sudah mengumpulkan 7.958 tagar dan telah dikonversikan menjadi sepatu dan tas bagi anak-anak sekolah di Mentawai, Tolitoli, Kepulauan Aru, dan Morotai.

Penyerahan sepatu dan tas bagi anak-anak di Mentawai, Sumatera Barat, dilakukan pada 14 Desember 2015, Tolitoli, Sulawesi Tengah, pada 20 Januari 2016, Kepulauan Aru pada 26 Januari 2016 dan terakhir di Pulau Morotai pada 27 Januari 2016 kemarin. (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here