Beranda Berita Astra Serahkan 9.005 Kacamata untuk 1.500 Anak Bangsa di Entikong

Astra Serahkan 9.005 Kacamata untuk 1.500 Anak Bangsa di Entikong

982
0
BERBAGI
April, siswi kelas 4 SDN 08 Nekan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat yang baru tahu bahwa dirinya memerlukan kacamata untuk membantunya melihat. Selama ini April perlu membaca tulisan di papan tulis maupun di buku dari jarak dekat. Meskipun begitu, April berhasil meraih ranking pertama di kelasnya.

Entikong, Kalimantan Barat, CSRINDONESIA – April, siswi kelas 4 SDN 08 Nekan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat tidak pernah menyadari bahwa sebenarnya dirinya membutuhkan bantuan kacamata untuk membaca. Yang selama ini dialaminya adalah bahwa dalam proses belajar di kelas, April membaca tulisan di papan tulis dengan cara maju ke depan untuk membaca tulisan yang dituliskan guru di sana secara jelas. Atau jika saja ada temannya yang berbaik hati membolehkan, ia bertukaran tempat duduk dengan teman yang duduk di bangku paling depan agar dapat membaca apa yang ditulis guru dan kawan-kawannya di papan tulis.

Namun, hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi April untuk mengukir prestasi. Terbukti ia selalu berhasil meraih ranking pertama di kelasnya.  Sampai ketika akhirnya ia diperiksa oleh tim refraksi yang didanai Astra, April dinyatakan minus dua.

“Setelah memakai kacamata nanti semoga dapat ranking satu lagi,” ujar April yang bercita-cita mengambil kuliah kedokteran di Pontianak. April tampak bersemangat karena dapat kembali melihat lebih jelas berkat bantuan kacamata yang diberikan Astra.

Kebetulan memang, setelah membagikan 2.000 kacamata untuk anak-anak di Sabang, Aceh, pada bulan Desember tahun lalu, PT Astra International Tbk kembali melakukan pembagian bantuan 1.500 kacamata untuk anak-anak di Entikong, Kalimantan Barat pada 11 Januari 2016 kemarin.

Pembagian kacamata ini merupakan kontribusi nyata Astra untuk anak bangsa di daerah prasejahtera agar dapat melihat lebih jelas, sehingga mereka dapat mewujudkan mimpinya. Kacamata ini diperoleh dari konversi foto aksi makan sehat yang diunggah di media social dan disertai tanda pagar (tagar) #generAKSISEHATIndonesia. Sebuah tagar #generAKSISEHATIndonesia akan dikonversi menjadi sebuah kacamata.

Pada tahun 2015, terkumpul 4.005 tagar #generAKSISEHATIndonesia di media sosial yang sudah dikonversikan menjadi 4.005 kacamata dan diserahkan bagi anak-anak yang membutuhkan di wilayah Jakarta Utara, Atambua (Nusa Tenggara Timur), dan Nunukan (Kalimantan Utara) di mana Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek turut hadir dan mendukung kegiatan tersebut.

Dengan demikian, program #generAKSISEHATIndonesia penyerahan kacamata mencapai 9.005 yang dimulai tahun lalu sejumlah 4.005 dan selebihnya tahun ini.

Secara keseluruhan, Astra telah berkontribusi di bidang kesehatan dengan menyediakan pengobatan gratis melalui Mobil Kesehatan Astra (Mokesa) bagi 99.248 pasien, membina 1.021 posyandu, dan menyumbang 132.879 kantong darah.

Kontribusi Astra merupakan wujud nyata dari falsafah perusahaan yang tertuang dalam butir pertama Catur Dharma, yakni Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here