Jelang Hari Kesehatan Nasional, SHARP Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Jelang Hari Kesehatan Nasional, SHARP Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

1215
0
SHARE
Haruhiko-Sano-kanan-saat-mengajari-anak-anak-PAUD-Kampung-Mandala-Jaya-Bekasi-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-melalui-cuci-tangan

Bekasi, CSR INDONESIA – PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) membuktikan komitmennya untuk terus berkontribusi secara positif kepada masyarakat dan lingkungan dengan menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Program Kesehatan Masyarakat Keliling (ProSmiling). Bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat), pada 27 Oktober 2015 SHARP membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis di Kampung Mandala Jaya, RT 01-02 / RW 032, Kecamatan Segara Jaya, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November mendatang.

“Gizi yang kurang masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat di abad ke-21 ini. Berdasarkan data yang kami himpun dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Indonesia bahkan termasuk dalam lima besar negara dengan prevalensi stunting–Keadaan dimana tinggi badan berdasarkan umur rendah, atau keadaan dimana tubuh anak lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya– tertinggi di Asia-Afrika. Ketika sel otak terganggu karena kekurangan gizi, maka potensi sumber daya manusia tersebut akan selamanya mengalami kekurangan. Karena itu, sangat penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai makanan yang bergizi demi mencapai kesehatan yang optimal.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini adalah wujud kepedulian SHARP dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional 2015 terhadap kesehatan masyarakat di Bekasi, yang lokasinya masih dalam Ring 1 pabrik dan layanan servis kami di Pulo Gadung, Jakarta,” ungkap Haruhiko Sano selaku Brand Strategy Group General Manager SEID. “Warga Kampung Mandala Jaya masih banyak yang melakukan buang air besar sembarangan karena tidak adanya sarana MCK di rumah. Wilayah Kampung Mandala Jaya juga termasuk rawan air bersih dan tidak memiliki tempat pembuangan sampah khusus. Melalui kegiatan ini, kami berharap SHARP dapat membantu menjaga kesehatan masyarakat di wilayah ini sekaligus membekali mereka dengan pengetahuan mengenai makanan bergizi dan perilaku hidup bersih,” ungkap Sano.

Haruhiko-Sano-kiri-menyerahkan-perlengkapan-Posyandu-kepada-perwakilan-warga-bersama-perwakilan-PKPU
Haruhiko-Sano-kiri-menyerahkan-perlengkapan-Posyandu-kepada-perwakilan-warga-bersama-perwakilan-PKPU

Karena itulah, kegiatan ProSmiling kali ini menyasar beberapa fokus pelayanan. Selain pemeriksaan kesehatan umum, layanan cek kesehatan dasar meliputi tes gula darah, asam urat dan kolesterol, digelar pula penyuluhan mengenai makanan berkomposisi gizi seimbang, perilaku hidup bersih, serta pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita, termasuk juga pemberian obat-obatan dan vitamin, pemeriksaan status gizi, dan pemberian makanan tambahan, juga pendidikan dini mengenai perilaku hidup sehat untuk anak-anak PAUD dan sekolah dasar di kampung tersebut.

Sekitar 200 orang warga kampung memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksakan kesehatan diri serta balita mereka. Pada kesempatan ini, SEID pun menyumbangkan satu set perlengkapan Posyandu seperti timbangan dan kelengkapannya untuk satu-satunya Posyandu di desa tersebut. Andjar Radite selaku General Manager Humanitarian Fundrising PKPU menyatakan kegembiraannya atas komitmen SHARP. “Kami telah bermitra dengan SHARP selama bertahun-tahun dan sampai sekarang pun kami masih melihat semangat SHARP untuk menjaga kesehatan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Kami selalu senang sekaligus bangga karena tetap dipercaya oleh SHARP dalam melakukan berbagai program berbasis pengembangan masyarakat,” tuturnya.

Sekilas Tentang SHARP Cares

CSR PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan. (WAW)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY