210 Wisudawan Polman Astra Diharapkan Bisa Wujudkan Pride of the Nation 2020...

210 Wisudawan Polman Astra Diharapkan Bisa Wujudkan Pride of the Nation 2020 Mendatang

1524
0
SHARE
Ketua Dewan Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) Djoko Pranoto mewisuda salah satu wisudawan Polman Astra pada acara Wisuda ke-XVI Polman Astra (27/10)

Jakarta, CSR INDONESIA – Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) pada hari ini (27/10) menyelenggarakan acara wisuda ke-XVI di Taman Mini Indonesia Indah. Pada wisuda kali ini, Polman Astra mewisuda 210 Ahli Madya, 86 mahasiswa di antaranya merupakan penerima beasiswa prestasi Astra. Dengan jumlah lulusan ini, total lulusan Polman Astra sejak berdiri tahun 1995 menjadi 2.718 mahasiswa.

Wisuda dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) Djoko Pranoto, dihadiri oleh Direktur PT Astra International Tbk (Astra) Widya Wirawan, eksekutif Astra, dewan pembina, dewan pengawas, dewan pengurus YABI, manajemen Polman Astra, perwakilan dari industri dan perguruan tinggi serta para undangan.

Dalam laporan singkatnya, Direktur Politeknik Manufaktur Astra Tonny H. Silalahi mengatakan: “Rata-rata tingkat keterserapan lulusan di Grup Astra selama 9 tahun terakhir mencapai 53,6% dan terus meningkat pada 3 tahun terakhir ke kisaran 62,5%-73,5% (6 bulan setelah wisuda).”

Naiknya keterserapan lulusan ini mengindikasikan semakin baiknya beberapa faktor diantaranya kualitas perekrutan calon mahasiswa, matching antara kurikulum Polman dan kebutuhan bisnis, kualitas proses pendidikan dan dukungan perusahaan afiliasi Astra terhadap Polman Astra. Meski kondisi ekonomi pada tahun ini cukup menantang, sebanyak 52,11% dari lulusan Polman Astra pada hari ini telah terserap oleh industri atau berkurang 1,08% dibandingkan dengan tahun lalu. Dari angka yang terserap tersebut industri tersebut, industri Grup Astra mengambil porsi 84,68%.

Selain Beasiswa Prestasi Astra, pada wisuda kali ini terdapat 10 orang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) khusus pada program Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP), 12 orang mahasiswa beasiswa dari PT United Tractors Tbk (UT) pada program Teknik Alat Berat (TAB) dan tiga orang mendapat beasiswa karyawan berprestasi dari Astra – Daihatsu Sales Operation (DSO) pada program Teknik Otomotif (TO).

Dalam kesempatan ini Tonny juga mengucapkan terima kasih pada lembaga pemberi beasiswa lainnya, di antaranya Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), Yayasan Pelayanan Kasih A & A Rachmat (YPKAAR) dan Kopertis Wilayah III yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi maupun mahasiswa yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu.

Penghitungan net quality income (NQI) atas seluruh tugas akhir mahasiswa yang dilakukan pada saat magang mencapai total nilai Rp 421 miliar atau naik 350% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Nilai tersebut merupakan improvement yang dilakukan mahasiswa yang telah dilakukan di industri.

Institusi Pendidikan Terbaik

Setelah melantik 210 wisudawan-wisudawati sebagai ahli madya Teknik Program Diploma III (D3), Ketua Umum Dewan Pengurus YABI Hamdhani Dzulkarnaen mengucapkan selamat kepada seluruh orang tua wisudawan. Selain itu ia juga menyampaikan: “Dalam usia ke-20 tahun ini, Polman Astra akan memasuki dasa warsa yang ketiga dalam kiprahnya di dunia pendidikan dan ingin menjadikan dirinya sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di Indonesia, sehingga memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri melalui pengembangan sumber daya manusia khususnya di bidang manufaktur, sumber daya alam, otomotif dan teknologi informasi.

Ketua Dewan Pembina YABI Djoko Pranoto (kedua kanan) didampingi Ketua Umum Dewan Pengurus YABI Hamdhani Dzulkarnaen (kanan), Direktur Polman Astra Tonny H. Silalahi (kiri) bersama wisudawan terbaik Polman Astra Parantio Bagus Nugroho (kedua kiri) dari program studi Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan dan wisudawati terbaik Polman Astra Riska Cindyantika (tengah) dari program studi Mekatronika pada acara Wisuda ke-XVI Polman Astra (27/10)
Ketua Dewan Pembina YABI Djoko Pranoto (kedua kanan) didampingi Ketua Umum Dewan Pengurus YABI Hamdhani Dzulkarnaen (kanan), Direktur Polman Astra Tonny H. Silalahi (kiri) bersama wisudawan terbaik Polman Astra Parantio Bagus Nugroho (kedua kiri) dari program studi Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan dan wisudawati terbaik Polman Astra Riska Cindyantika (tengah) dari program studi Mekatronika pada acara Wisuda ke-XVI Polman Astra (27/10)

Harapan besar juga diberikan kepada para wisudawan untuk bisa berkontribusi nyata untuk mencapai tujuan Astra menjadi Pride of the Nation pada tahun 2020. Tiga hal yang harus dipegang sebagai insan Astra adalah harus dapat menunjukkan kemampuan untuk menawarkan solusi dan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda, dimanapun bekerja selalu menghargai sesama dan membina kerjasama, serta berusaha untuk selalu mengupayakan yang terbaik dengan cara melakukan inovasi-inovasi. Hal tersebut bukan semata-mata untuk Astra, tetapi ini adalah langkah awal kontribusi kita semua untuk menjadi kebanggaan bangsa.

Koordinator Kopertis Wilayah III Dr. Ir. Illah Sailah, M.S. selain mengucapkan selamat bagi para wisudawan, juga menyampaikan ucapan selamat kepada yayasan dan civitas akademika Politeknik Manufaktur Astra yang tengah merayakan Dies Natalis ke-XX, Politeknik Manufaktur Astra mengabdi untuk bangsa melalui dunia pendidikan tinggi. Juga ucapan terima kasih kepada Grup Astra atas komitmen yang berkesinambungan dalam pengembangan pendidikan yang berbasis pada pendidikan keahlian melalui Polman Astra. Dihadapan masih banyak tantangan yang harus ditanggapi Polman Astra agar mampu berkembang dan bermakna, terutama dalam menghasilkan karya dan lulusan yang berdaya saing tinggi untuk menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean.

Dalam wisuda kali ini juga diberikan penghargaan bagi beberapa mahasiswa yang berhasil meraih indeks prestasi kumulatif tertinggi (IPK) dan tugas akhir (TA) terbaik pada semua program studi. Parantio Bagus Nugroho yang meraih IPK tertinggi di program TPHP, saat ini telah bekerja di AAL.

Ia mewakili rekan-rekan seangkatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap civitas akademika Polman Astra dan Grup Astra, yang telah memberikan kesempatan untuk belajar di Polman Astra melalui program Beasiswa Prestasi Astra yang telah diterima selama tiga tahun ini, yang tidak hanya menambah ilmu saja tetapi juga mempersiapkan dirinya untuk belajar dunia baru sehingga siap dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

Sebagai bagian dari insan Astra, Parantio juga mengajak seluruh wisudawan bersama membesarkan nama Astra di kemudian hari dengan terus menghasilkan karya-karya terbaik untuk mewujudkan cita-cita menjadi Pride of The Nation pada tahun 2020. Dalam acara ini juga dipamerkan beberapa produk yang telah dihasilkan diantaranya mini cnc, robot humanoid, charging battery, hydraulic hybrid, aplikasi informatika dan produk lainnya yang telah dihasilkan oleh mahasiswa Polman Astra. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY