Beranda CSR Pendaftar SATU Indonesia Awards 2015 Pecahkan Rekor

Pendaftar SATU Indonesia Awards 2015 Pecahkan Rekor

1578
0
BERBAGI
Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (ketiga kiri) bersama lima Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 (ki-ka), Irwan Bajang, Maharani, Resika Caesaria, Marselinus Wellip dan Idham Aulia pada acara Malam Penganugerahan SATU Indonesia Awards 2014

Jakarta, CSR INDONESIA – Pada pelaksanaan tahun keenam, jumlah pendaftar Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2015 kembali memecahkan rekor. Dalam kurun pendaftaran lima bulan, yaitu 24 Maret – 24 Agustus 2015, jumlah pendaftar melonjak 13% menjadi 2.071 orang dibandingkan dengan 1.833 orang pada tahun 2014 (Lihat diagram).
Tidak hanya itu, jika tahun lalu jumlah pendaftar yang mendaftar melalui website www.satu- indonesia.com hanya sebesar 324 orang, tahun ini jumlah tersebut meningkat hingga 85% menjadi 599 orang.

Grafik Pendaftar SATU Indonesia Award dari tahun ke tahun
Grafik Pendaftar SATU Indonesia Award dari tahun ke tahun
Data ini tentunya merupakan kabar yang baik, karena dalam proses penyebaran informasi tentang kegiatan SATU Indonesia Awards 2015 kali ini dilakukan juga melalui Google Display Network yang memudahkan bagi para pengguna internet untuk mengetahui informasinya. Selain itu, tim panitia juga mengarahkan agar para pendaftar dapat melakukan registrasi melalui website.

Dari 2.071 pendaftar terdiri dari bidang Pendidikan 476 orang, sedangkan bidang Lingkungan 175 orang, bidang Kewirausahaan 956 orang, bidang Kesehatan 172 orang dan 292 orang pendaftar untuk bidang Teknologi.

Di samping itu, pelaksanaan roadshow SATU Indonesia Awards tahun ini juga kembali meluas ke wilayah Indonesia timur yang secara statistik masih minim pendaftar pada tahun-tahun sebelumnya. Kota Merauke dan Ambon menjadi destinasi sosialisasi program ini. Selain itu, Bengkulu juga menjadi sasaran sosialisasi program dalam roadshow tahun ini.

Para juri yang menjadi nara sumber dalam rangkaian kegiatan roadshow benar-benar sanggup membakar semangat para generasi muda di tiga kota tersebut. Prof. Emil Salim misalnya, beliau ikut mengunjungi pemuda-pemudi Merauke dan pada saat roadshow mengatakan: “Kami yakin bahwa tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang banyak pendaftar dari Indonesia Timur, seiring dengan sosialisasi yang dilakukan ke Ambon dan ke Merauke.” Prof. Emil Salim juga menambahkan: “Kita patut merasa bangga bahwa sejak SATU Indonesia Awards diadakan pertama kali, mayoritas pendaftar didaftarkan oleh orang lain, apakah itu teman, saudara atau guru mereka. Hal ini berarti profil para pemenang SATU Indonesia Awards benar-benar mau bekerja untuk orang lain.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto yang mengatakan bahwa peningkatan jumlah pendaftar setiap tahun menandakan bahwa program ini telah mendapat tempat di hati masyarakat. “Untuk itu kami sangat bersyukur dengan peningkatan tersebut dan menghargai semua pihak yang terlibat untuk mendukung program ini.”

25 Penerima Apresiasi

SATU Indonesia Awards pada tahun ini memasuki pelaksanaan yang keenam. Sejak tahun 2010 sudah ada 25 orang penerima apresiasi yang masih terus mendapatkan pembinaan dari Astra hingga saat ini, terdiri dari tahun 2010: 5 penerima; 2011: 5 penerima; 2012: 5 penerima; 2013: 5 penerima dan 2014: 5 penerima. Para penerima ini tersebar di pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

“Kami berharap para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards ini terus melanjutkan karya mereka dan mengembangkan program yang digagas secara orisinal tersebut serta meningkatkan kualitas cakupannya,” tambah Prijono.

Tahun ini, ada dua kategori peserta di SATU Indonesia Awards, yaitu individu dan kelompok, yang berkarya dalam lima bidang: Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan serta Teknologi. Peserta dibolehkan untuk mendaftarkan diri sendiri atau didaftarkan oleh orang lain.

Tahapan Penjurian

Dalam tahapan penjurian, dari 2.071 pendaftar, disaring menjadi 1.163 orang. Kemudian dilakukan proses penyaringan lagi menjadi 450 orang. Selanjutnya menjadi 60 orang, kemudian menjadi 24 orang, lalu menjadi 12 orang yang terdiri dari 10 finalis kategori individu dan dua finalis kategori kelompok. Hingga akhirnya terpilih lima orang penerima apresiasi yang mewakili tiap-tiap bidang dan satu kelompok.

Program SATU Indonesia Awards akan dianugerahkan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda bulan Oktober yang akan datang. Astra International akan memberikan bantuan dana kegiatan masing- masing senilai Rp 55 juta dan pembinaan kegiatan bagi para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2015.

SATU Indonesia merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.
Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here