Trakindo Tingkatkan Kompetensi Guru Indonesia Secara Berkelanjutan Dalam Rangka Mendukung Pemerintah Majukan...

Trakindo Tingkatkan Kompetensi Guru Indonesia Secara Berkelanjutan Dalam Rangka Mendukung Pemerintah Majukan Kualitas Pendidikan Nasional

1244
0
SHARE
Berkas Liputan CSR INDONESIA

Jakarta, CSR Indonesia – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, hari ini kembali membuka program Praktik Pembelajaran Guru Terbaik 2015 sebagai salah satu bentuk komitmen Perusahaan dalam memajukan kualitas pendidikan Indonesia berbasis karakter melalui peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan. Pendidikan berkualitas yang berbasis karakter akan mendukung keberhasilan pembangunan nasional, dan kualitas guru memegang peranan penting bagi peningkatan pendidikan Indonesia. Program pelatihan kali ini diikuti oleh hampir 100 guru dan merupakan salah satu inisiatif tanggung jawab sosial Trakindo di bidang pendidikan dalam mendukung pemerintah memajukan kualitas pendidikan nasional sekaligus merupakan sebuah apresiasi kepada para guru dari 40 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo di berbagai daerah di Indonesia atas pengabdian mereka dalam memajukan pendidikan.

Maria T. Kurniawati, Chief Administration Officer, PT Trakindo Utama menjelaskan, “Berangkat dari misi Trakindo yaitu bagaimana masyarakat Indonesia tidak hanya mendapatkan pekerjaan yang layak dan berkualitas, tetapi juga mendapatkan pengembangan pendidikan berkarakter. Trakindo berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dengan menitikberatkan pada pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan berbasis karakter bagi generasi penerus bangsa. Pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan perlu ditingkatkan karena profesionalisme guru terkait dengan proses belajar mengajar yang juga akan menentukan kualitas pendidikan. Menyadari hal ini, Trakindo menegaskan kembali komitmen kami terhadap kemajuan pendidikan nasional melalui Praktik Pembelajaran Guru Terbaik 2015.”

Praktik Pembelajaran Guru Terbaik diselenggarakan oleh Trakindo sejak tahun 2010. Tahun ini, Praktik Pembelajaran Guru Terbaik mengusung tema “Semangat Pendidik, Semangat yang Membangun”.

Pelatihan tahunan ini berlangsung selama dua hari di mana para guru berkesempatan memperluas wawasan dan berdiskusi dengan pakar-pakar pendidikan terkemuka nasional. Puluhan guru peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia tersebut juga berkesempatan mengunjungi sekolah percontohan di Jakarta untuk berinteraksi dengan para murid
serta berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar dengan sesama rekan guru lainnya. Acara ini bertujuan menjadi ‘kail’ bagi para guru untuk kemudian dikembangkan dan diimplementasikan di SDN mereka masing-masing saat mereka
kembali.

Praktik Pembelajaran Guru Terbaik 2015 menghadirkan pembicara yang dapat memberikan inspirasi, antara lain pakar pendidikan Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd.; Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D, Guru Besar di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Jakarta; Ahmad Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara; serta M. Saleh, pendiri sekolah Agama Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darrul Ulum di Dusun Tololay, Nusa Tenggara Barat.

Pendidikan yang berkualitas dengan basis karakter tidak lepas dari peranan penting guru sebagai elemen kunci dalam proses belajar mengajar. Hal ini akan melahirkan para lulusan dengan kemampuan berkualitas yang juga berkarakter, sehingga dapat memberikan kontribusi tinggi bagi pembangunan negara.

Peningkatan kualitas pendidikan berbasis karakter di Indonesia memerlukan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak terkait. Oleh karena itu, Trakindo bekerja sama dengan pemerintah, sekolah, perguruan tinggi, politeknik, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak-pihak lainnya dalam rangka mengembangkan pendidikan nasional. Di bidang pendidikan dasar, Trakindo menjalankan program peningkatan kualitas pendidikan berbasis karakter bagi 40 SDN di seluruh Indonesia yang meliputi renovasi sekolah, pendampingan sekolah, pelatihan guru dan beasiswa yang dilakukan bersama-sama dengan
mitra Trakindo.

Maria menambahkan, “Kami turut mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, salah satunya adalah melalui pelatihan guru. Kami optimistis akan kemajuan pendidikan di Indonesia dengan dukungan penuh dari seluruh pihak, mulai dari sekolah, para guru, peserta didik, orangtua, masyarakat sekitar, pemerintah serta seluruh pihak lainnya yang terkait. Tentunya hal ini juga memerlukan upaya yang sungguh-sungguh dan semangat tinggi untuk mencapai keberhasilan pendidikan di Indonesia.”

Inisiatif Trakindo menggandeng 40 SDN adalah wujud andil bagian pendidikan karakter dari tingkat paling bawah. Trakindo percaya pendidikan berkarakter tinggi lebih mudah dipupuk sejak tingkat sekolah dasar.

Selain di bidang pendidikan dasar, program tanggung jawab sosial Trakindo untuk pendidikan juga dilakukan di jenjang pendidikan menengah dan tinggi. Trakindo memelopori pengembangan kurikulum alat berat yang telah disahkan menjadi kurikulum nasional di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Politeknik sejak tahun 1996 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tingkat Tinggi dan Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional. Selain itu, Trakindo menerapkan Trakindo Cooperative Program (Coop) bersama-sama dengan 15 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia (sembilan SMK dan enam Politeknik). Lebih dari 2.500 lulusan bidang studi alat berat yang telah terserap di industri alat berat dan industri lain yang berkaitan sejak tahun 2000, 60% dari mereka bekerja di Trakindo. (HAG)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY