Rumah Zakat melaksanakan Pembinaan Bagi Relawan- Relawan Cilin Binaan

Rumah Zakat melaksanakan Pembinaan Bagi Relawan- Relawan Cilin Binaan

683
0
SHARE
foto Istimewa
Pekanbaru, CSR- Indonesia. –  Relawan Rumah Zakat (RZ) Pekanbaru kembali melaksanakan pembinaan bagi relawan-relawan cilik binaan di Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Sabtu (21/03) Lalu. Koordinator Relawan RZ Pekanbaru, Al Razi mengatakan dalam bulan ini, relawan cilik diajarkan bagaimana untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat. Sebanyak 30 relawan cilik mendapatkan materi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disampaikan oleh Anwar, perwakilan CSF Pekanbaru.
 

Sebelum pemaparan materi oleh Anwar, relawan cilik diberikan games menarik oleh Relawan RZ Pekanbaru. Adik-adik relawan antusias mengikuti games yang diberikan dan mulai bersemangat untuk menerima materi yang akan disampaikan. Anwar, memaparkan materi dengan memberikan audio visual menampilkan video yang menggambarkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa-siswi sekolah. Adik-adik dengan seksama memperhatikan video yang ditampilkan.

Setelah video selesai baru dijelaskan bagaimana pola hidup bersih dan sehat. Dan untuk awal ini diberikan 2 poin penting yakni mengenai waspada DBD dan bagaimana mencuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas di luar ruangan dan Buang Air Besar.

Setelah materi selesai dipaparkan, dilakukan feed back kepada relawan cilik berupa pertanyaan seputaran materi yang disampaikan. Tiga relawan cilik menjawab pertanyaan dan diberikan hadiah oleh kakak-kakak relawan.

“Kegiatan dilanjutkan dengan mengajak adik-adik relawan cilik untuk terjun langsung memungut sampah disekitaran mushalla serta membersihkan bagian dalam musala. Dengan dibagi perkelompok dan wilayah serta dibekali pelastik sampah besar, relawan cilik berlomba-lomba memungut sampah yang berserakan di halaman musala,” terang Anwar lagi.

Setelah mengitari halaman mushalla dengan memungut sampah, relawan cilik kemudian diajarkan bagaimana mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Dengan bekal air yang dibawa dengan botol dan sabun cair yang diberikan, relawan cilik belajar mencuci tangan dengan sabun.

Adik-adik relawan cilik begitu antusias mempraktekkan cuci tangan dengan sabun. Setelah selesai mencuci tangan dengan sabun kemudian istirahat sambil minum air serta es yogurt dan jelly yang telah disediakan.(GUH)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY