Hari Air Dunia 2015: Upaya Kembalikan Ciliwung jadi Bahan Baku Air Bersih

Hari Air Dunia 2015: Upaya Kembalikan Ciliwung jadi Bahan Baku Air Bersih

1210
0
SHARE
Istimewa

Jakarta, CSR Indonesia – Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat RI M. Basoeki Hadimoeljono melakukan penanaman pohon di lokasi Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Gema Bersuci yang dibina oleh Grup Astra sejak tahun 2013. Acara tersebut berlangsung dalam peringatan Hari Air Dunia 2015 pada hari Minggu, 22 Maret 2015 disaksikan oleh perwakilan dari Grup Astra (yaitu dari PT Astra International Tbk, PT Astra Honda Motor, PT Astratel Nusantara dan PT PAM Lyonnaise Jaya – Palyja).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta Gamal Sinurat bersama para anggota komunitas peduli Ciliwung lainnya.

Berangsur Membaik

Dalam sambutannya, Gamal mengatakan kualitas air di Sungai Ciliwung berangsur membaik setiap tahun. Hal itu ditunjukkan oleh menurunnya indeks pencemaran air di Sungai Ciliwung menjadi 32% pada tahun 2014 dari 88% pada tahun 2011. “Salah satu penyebab turunnya indeks pencemaran ini adalah Gerakan Ciliwung Bersih.”

Seiring dengan membaiknya kualitas air di Sungai Ciliwung, dalam waktu dekat, pemerintah bekerjasama dengan Grup Astra melalui Palyja untuk memanfaatkan kembali air dari Sungai Ciliwung sebagai bahan baku pengadaan air bersih melalui fasilitas pengolahan air di Kelurahan Pejaten Timur.

Penggunaan air dari Sungai Ciliwung sebagai bahan baku air bersih dihentikan sejak tahun 2002 karena kualitas dan kuantitas air dianggap tidak memenuhi syarat. Menurut rencana, air dari Sungai Ciliwung akan digunakan sebagai air bersih sebanyak 200 liter per detik untuk 20.000 kepala keluarga.

Saat ini, dari 13 sungai yang ada di DKI Jakarta, hanya 3% digunakan sebagai bahan baku air bersih. Mayoritas bahan baku air bersih berasal dari waduk Jatiluhur, Jawa Barat. Padahal pada tahun 1970-an, mayoritas bahan baku air bersih berasal dari Sungai Ciliwung.

Grup Astra berkomitmen untuk terus mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan di Indonesia dengan berkontribusi di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. Khususnya di bidang lingkungan, Grup Astra bersama pemerintah dan masyarakat  berupaya menciptakan kesadaran masyarakat untuk turut menjaga Daerah Aliran Sungai Ciliwung melalui kegiatan Ekowisata

Ciliwung. Mulai tahun 2011, Grup Astra fokus bermitra dengan masyarakat untuk melakukan edukasi lingkungan baik melalui pembuatan  sarana dan fasilitas seperti beberapa saung edukasi, perahu karet, outbound, dermaga, perangkat laptop dan proyektor, hingga pelatihan bagi instruktur.

Sejak tahun 2014, Ekowisata Ciliwung dibentuk untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam Program Stop Nyampah di Kali melalui kegiatan edukasi dan pengenalan manfaat lain Sungai Ciliwung, serta diharapkan dalam beberapa tahun Sungai Ciliwung akan bersih, asri bahkan dapat digunakan kembali sebagai sumber air bersih masyarakat Jakarta. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY