Astra Ikut Dalam Program PAUD

Astra Ikut Dalam Program PAUD

1073
0
SHARE
foto: citraindonesia

Jakarta, CSR Indonesia.- Usia dini merupakan masa keemasan sekaligus kritis dalam tahap perkembangan manusia. Hasil penelitian mengungkapkan hingga usia empat tahun, tingkat kecerdasan anak telah mencapai 50% dan terus bertambah menjadi 80% pada usia delapan tahun. Selebihnya, tingkat kecerdasan diraih pada anak usia delapan tahun ke atas.

Oleh sebab itu, pendidikan anak pada usia dini merupakan kunci sukses mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas pada masa depan. Alasan inilah yang mendorong PT Astra International Tbk aktif berpartisipasi dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini (PAUD). Partisipasi aktif itu tercermin dalam dukungan Astra dalam acara Gebyar PAUD yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Kamis (19/3) Kemarin. Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang sekaligus dikukuhkan menjadi Bunda PAUD Indonesia.

Grup Astra menjadi satu-satunya perusahaan swasta yang dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendukung acara ini. Partisipasi Astra tahun ini merupakan kedua kalinya dalam Gebyar PAUD.Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah turut hadir dalam kesempatan tersebut dan menyambut ibu negara saat mengunjungi booth pameran PAUD Astra.

Gebyar PAUD, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini NonFormal dan Informal, bertujuan memotivasi masyarakat luas mengenai betapa pentingnya pendidikan untuk anak sejak dini.Sekitar 3.000 anak PAUD, 300 tenaga pendidik dan 3.000 orang tua peserta didik akan menghadiri Gebyar PAUD. Dalam acara tersebut juga diadakan Rakornas Bunda PAUD se-Indonesia yang dihadiri oleh 34 Bunda PAUD Provinsi dan 517 Bunda PAUD Kabupaten dan 100 organisasi mitra.
“Terima kasih kepada Astra yang senantiasa menjadi mitra pengembangan PAUD di Indonesia,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan dalam pidato sambutan Pengukuhan Bunda PAUD Indonesia.

Dia juga mengatakan, bahwa yang terpenting adalah nilai. Karena menurut dia, seluruh prinsip dasar hidup harus diajarkan dalam pendidikan usia dini dan bukan hal – hal teknis seperti berhitung dan menulis.

Menurut Anies, pengembangan usia dini seharusnya dibuka secara luas dan tidak terbatas pada aspek tertentu. “Sesuai dengan pesan Ibu Negara RI Iriana, jangan berhenti di sini. Hasil dari rakornas bunda PAUD harus dapat menghasilkan bahan-bahan untuk mendukung perjalanan PAUD ke depan,” ujarnya kepada wartawan seusai mendampingi ibu negara meninjau lokasi pameran Gebyar PAUD.(GUH)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY