Anies Baswedan: 6 Prioritas Utama Pendidikan Indonesia

Anies Baswedan: 6 Prioritas Utama Pendidikan Indonesia

1475
0
SHARE
foto Istimewa

Jakarta, CSR Indonesia– Dalam rangka membeberkan perihal kebijakan di sektor pendidikan yang telah diambil oleh pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, diadakanlah forum yang dilangsungkan di Hotel Borobudur, rabu (25/3).

Acara peluncuran tersebut dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Melalui acara yang dimulai pukul 10 tersebut, Anies mengemukakan bahwa telah banyak peningkatan di sektor pendidikan. Terutama di segi kualitas atau mutu pendidikan. Seperti dicontohkan yakni peningkatan keterampilan guru, sertifikasi guru, dan peningkatan standar masuk perguruan tinggi bagi calon guru. Adapun, peningkatan partisipasi pendidikan di semua jenjang yakni mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah juga dibeberkan dalam peluncuran hari itu.

Melalui tema ‘Pendidikan Indonesia Siap Menyongsong Tantangan’, peluncuran tersebut juga bekerjasama dengan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD).

Menanggapi hasil kajian tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan mengungkapkan, “Kajian ini merefleksikan apresiasi terhadap praktik terbaik internasional dalam pendidikan yang bermanfaat sebagai masukan peningkatan program di sektor pendidikan seiring dengan proses penyusunan akhir Renstra 2015-2019. Ini merupakan momentum yang tepat untuk menetapkan prioritas nasional bagi sektor pendidikan di Indonesia sesuai dengan semangat pemerintah saat ini, sekaligus menyambut tantangan global di abad ini.

Anies menambahkan, “Kami telah menetapkan enam prioritas dalam sektor pendidikan yang akan menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam lima tahun ke depan. Memperbaiki akses terhadap pendidikan berkualitas, memperbaiki kualitas pembelajaran, memperbaiki sistem penjaminan mutu, memperbaiki manajemen dan tata kelola pendidikan, memperbaiki relevansi dan daya saing pendidikan tinggi, serta memperbaiki pendidikan agama, moral, dan pembentukan karakter. Dengan memegang teguh pelaksanaan prioritas ini, saya percaya Indonesia akan mampu bertransformasi menjadi negara maju di tingkat global.”(SEA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY