Beranda Uncategorized Kemenkes Luncurkan Program Nusantara Sehat

Kemenkes Luncurkan Program Nusantara Sehat

1812
0
BERBAGI
CSR Indonesia | Kiki

Jakarta, CSR Indonesia – Berkeinginan memperkuat pelayanan kesehatan (Yankes) primer bagi masyarakat, Kementerian Kesehatan meluncurkan program Nusantara Sehat. Di mana program ini menjadi fokus Kemenkes untuk periode 2015-2019.

 

Pelayanan primer yang digulirkan dalam program Nusantara Sehat antaralain melalui peningkatan jumlah, sebaran, komposisi dan mutu tenaga kesehatan. Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

 

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPP-SDMK) Kementerian Kesehatan, Usman Sumantri menjelaskan, target program “Nusantara Sehat” adalah Puskesmas yang berlokasi di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di 48 Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Kurangnya tenaga kesehatan di Puskesmas yang berada di DPTK membuatnya kurang dapat menjalankan fungsi promotif dan preventif. Dengan program ini, Kemkes berupaya memperkuat Puskesmas tersebut dengan mengirimkan 960 tenaga kesehatan tambahan,” jelas Usman Sumantri di gedung Kemkes di Jakarta, Selasa (3/2). (WAW|SEA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here